GEGER KERACUNAN LOGAM BERAT DI KRATON KITA ( Bagian 2, Keracunan air raksa/ mercury)

Saturday, December 15, 2007
Oleh : dr.Supangat (buletin Hidayah)

Diruang pertemuan itu, masih tampak para prajurit dan warga mendengarkan dengan serius penjelasan penasehat kerajaan. Sementara kondisi mahapatih mulai membaik, walau kedua tangannya mesti dicoblos dan dipasangi selang infuse, dari lubang hidungnya juga masih dipasarng selang sebesar sedotak sirup, untuk mengalirkan udara segar. Penasehat kerajaan yang nampak sedikit lelah itupun kembali berdiri dan meneruskan kata- katanya……………………………….

Penasehat: Gimana ? apa sudah paham?

Prajurit: loh kan kemarin keputus , katanya mau njelasis contoh logam berat dan tanda tandanya ?

Penasehat: oke oke

Rakyat: smileeee…..kok kaya iklan, oke oke

Penasehat : ya’ we usoyo ( iki boso korea nek sing gak eruh artine Tanya ama pak lurahnya bulletin ya. )

Penasehat: salah satu logam yang berbahaya itu bernama air raksa. Air raksa ini banyak di terdapat di pabrik pabrik yang sukanya obong obongan benda benda fosil dll, juga di pabrik pabrik logam. Juga mesti hati hati kalau ada warga yang kerja di pabrik pestisida. Kalau didesa desa itu biasa digunakan tukang patri ( wah yang orang kota gak dong patri, ituloh kalau jaman dulu kan kalau pancinya bocor gak dibuang, tapi ditambal, pakai solder tapi soldernya bukan listrik tapi Cuma besi biasa yang dibakar dikompor itu juga biasanya digunakan air raksa untuk memudahkan menempel. Gimana dong gak? Nek gak dong ya gak papa). Nah sebagian besar air raksa ini masuk ketubuh kita melalui udara yang tercemar. Terus udara itu kita hisap. So hati hati kalau ada yang warga yang kerja di pabrik yang ada merkurinya, kalau mau napas dan menghirup udara dilihat dulu , kalau ada merkurinya terus tahan napas sampai ketemu udara segar

Prajurit: Interuspsiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

Penasehat: silahkan

Prajurit: jangan guyon pak, ini kita semua sudah pada mrinding semua takut keracunan logam malam pak petugas guyonan , mosok disuruh menunda napas bisa bisa kita tidak mati keracunan tapi mati kurang napas .

Penasehat: o , alhamdulillah

Prajurit : loh kok malam alhamdulillah ini tambah ngawor saja

Penasehat: ehm pak prejurit yang saya hormati , mohon maaf karena hari udah agak sore sementara mbok mban belum juga mengirimkan pisang goreng dan tempe gorengnya maka nampaknya semua jadi ngantuk, jadi sayanya ngetes aja apa pada ndegerin atawa tidak, eh teryata masih pada ndegerin terbukti ketika saya salah terus di interupsi dan itulah mengapa saya sampaian alhamdulillah, bukan alhamdulillah karena ada warga yang mati kekurangan udara.

Prajurit : o begitu toh yp wis monggo di lanjut.

Penasehat: Nah gejalanya apa sih kalau kena racun ini: tandanya mudah yaitu dari tubuh serba nrocos ( keluar keringat banyak, ngiler banyak, dari mata juga keluar air mata banyak), wah jan koyo udan deres, bajunya basah semua. Terus terasa gatal, dan bengkak bengkak. Orang yang keracunan air raksa juga jadi takut ama cahaya, jadi kalau lihat yang terang terang cenderung menutup mata atau menghindar. Kalau diperiksa denyut jantungnya jadi cepat (deg-deg- degan, kaya mau ketemu istri yang udah lama gak ketemu karena ditinggal di korea bertahun tahun), jadi darah tinggi.

Prajurit: apa itu hanya dari udara saja caranya?

Penasehat: bukan , keracunan air raksa juga bisa karena air yang tercemar, makanya hati hati kalau ada sungai yang kecampur air dari pabrik bisamengandung logam ini. Dan yang bahaya lagi bisa terjadi penumpukan racun di tumbuhan atau hewan seperti ikan nah kalau kita makan ikan jadi dah racun itu masuk kekita. Dan ada istilah yang dikenal itu adalah terjadi pelipat gandaan racun maksudnya begini , ada pabrik buang limbah ke sungai kecil disana ada cacing , logamnya masuk ke cacing, terus cacingnya di makan ikan, nah ketika kena cacing jumlah logamnya kan sedikit, tapi pas ikannya makan 10 cacing jadi jumlah logamnya 10X sedikit jadi 10 Xnya kan, terus ikan itu dimakan sama bebek. Nah bebek makan 10 ekar ikan jadi logam yangmasuk ke bebek ada 10 ikat X 10 cacing jadi ka nada 100 X racun nah kalau ada yang pesta bebek goreng makan 3 bebek kan 3X100 jadi 300 logam nah lho ( eh tapi ini contoh lho ya nanti terus gak mau makan bebek goreng, saya dimarahi sama pak de Djan, orang lamongan yang jualan bebek goreng, sekali lagi ini contoh, kalau gak mau makan bebek goreng bisa lah dikirim ke rumah …….)

Nah dari kondisi ini mangkanya mestihati hati

Prajurit: terus gimana ngatasinya kalau udah kena

Penasehat : ya tentuny ayang pertama dilakukan adalah mencegah , caranya ya ikuti petunjuk keselamatan kerja , gunakan sarung tangan, masker, baju kerja, usahakan jangan makan , merokok,minum di tempat kerja, kalau mau makan dan minum ya cuci tangan dulu bersih bersih . biasakan baju untuk kerja disimpan terpisah dengan baju yang biasa dipakai untuk lainnya .

Prajurit : wah kok jadi repot sih

Penasehat : nah loh kan , emang repot kalau mau sehat. Tapikan lebih baik repot dikit sekarang dari pada repot belakanngan karena sakit tul gak?

Nah kalau emang udah usaha kok masih keracunan juga cepat cepat baha ke dokter. Ingat juga lho makan banyak makanan yang mengandung antioksidan , karena bisa memcegah gejala keracunan. Makanan itu seperti buah buahanyangmengandung vitamin A, vitamain C, sayur yang mengandung vitamin E dan tentu makanan makanan yang mengandung protein.

Ok begitu ya kira kita saya kira untuk pertemuan ini kita tutup kalau ada yang kurang jelas bisa ngirim email ke penasehat kerajaan langsung, saya tadi dapat SMS kalau mahapatih sudah bisa duduk dan bisa makan soto ayam.

Saya mesti kembali ke rumah sakit

Prajurit : iya mas penasehat terima kasih , semoga kita semua diberi kesehatan

Penasehat : iya , oh iya mumpung masih suasana idulfitri nih saya mau menyampaian : taqoballahumina waminkum untuk semua termasuk juga para pembaca bulletin yang berbahagia semoga amal kita semua diterima allah.

sampaijumpadilainceritadimasayangakandatanginysaallahmohonmaaflahirdanbatindarsupangatdaninadanumardandhiyadanhanan

0 comments: