Siapa yang tahu golongan darah raja Rahwana?

Saturday, December 15, 2007
Oleh : dr. Supangat



Hari ini cuaca cukup cerah, sinar matahari tampak bersinar menembus dedaunan dipalataran kerajaan Mbeling. Puluhan burung liarpun tak ketinggalan menambah kesejukan suasana kerajaan. Dari kejauhan tampak banyak orang sedang berbincang tentang suatu urusan. Karena memang hari ini Raja tengah mengadakan suatu sayembara besar dengan hadiah yang tidak main main. Bagi pemenangnya akan di beri hadiah2 ekor kuda dan sekarung ketela pohon. ……………………………sssssst. Kita dengarkan pidato raja , siapa tahu ada yang bisa keluar sebagai pemenangnya.

Raja: saudara saudara rakyat Negeriku semua hari ini saya sampaikan bahwa saya hendak membuka lowongan bagi siapa yang bisa menjawab pertanyaan sayembara ini maka saat ini saya sudah sediakan hadiah istimewa?

Mendengar pengumuman itupun orang orang kemudian langsung rebut dan berbisik satu dengan lainya, tampak semua serius dengan berwajah penuh harap sedikit memelas.

Rakyat: hai jangan rebut dulu, ayo agak majuan dikit nih saya tidak kebagian tempat duduk.

Prajutri: Tenang tenang, tidak perlu rame rame kalau tidak tenang maka suara raja kita tercinta tidak bisa kedengaran dannanti hadiahnya tidak jadi dibagikan.

Raja: Sayembaranya adalah sebagai berikut : Ibunda tercinta saya golonga darahnya A sedang Ayahanda yang mulia sripadukarajasananegara bergolongan darah O (nol) maka apa kemungkinan golongan darah saya ? sebelum pada mengirimkan kupon jawaban ke kotak –keluh kesah kerajaan silahkan mendengarkan dulu penjelasan penasehat kesehatan kita.

Penasehat: baik tuan raja . para prajurit dan rakyat sekalian , jadi didalam tubuh manusia itu ada darah dan masing masing kita darahya berbeda beda golongannya. Pengolongan ini berguna untuk kita apabila kita hendak tranfusi atau tambah darah di rumah sakit. Karena kalau seseorang di tranfusi dengna darah yang berbeda golongannya maka bisamenyebabkan penyakit bahkan kematian.

Rakyat: hiiiiiiiiii , kok gawat to pak penasehat, mbok jangan menakut nakuti gitu wong lihat kumisnya pak raja yang kaya lalat 2 nemplek aja udah takut kok.

Penasehat: ya , saya tidak menakut nakuti mangkanya sekarang saya mau jelaskan biar pada tahu alias tempe ( lah wong makannya tiap hari sama kimci dan bimbimbab kok cerita tahu tempe , mbikin cleguk aja )

Darah manusia itu digolongan menjadi golongan darah A, golongan darah B golongaan darah AB atau golongan darah O.

Prajurit : maksudnya apa sih kok ada A. B. AB dan O kok gak ada yang golongan darah C apa D gitu

Penasehat: ya maksudnya adalah di dalam darah kita itu ada zat golongan A ,nah kalau darah A berarti dia punya zat golongan A atau O untuk B punya B atau 0 kalau AB punya anti A dan antiB

Golongan A itu bisa AA atau AO

Golongan B ………………BB atau BO

Golongan AB maka AB

Golongan O ya nol

Jadi kalau misalnya pak Bejo golongandarahnya A menikah sama bu siti yang golongan darahnya B maka kemungkinan anaknya akan jadi golongan darah

A-------------------------------à bisa AA atau AO -------à A, A, A, O

B------------------------------à bisa BB atau BO---------à B, B, B, O

Nah kalau pas kebetulah anaknya itu ketemua antara A X B maka jadilah lahir golongan darah AB

Sedang kalau adiknya ternyata ketemu A X O maka yang lahir adalah golongan A

Kalau ketemua OXO jadi yang yang lahir golongan darah O

Kalau yang lahir golongan darah OXB maka yang lahir adalah golongan darah B

Jadi bisa semua golongan darah

Tapi kalau pak panjul yang golongan darahnya A terus menikah sama bu badrun yang golongan darahnya O maka kemungkinan anaknya :

A---------------------------à AA atau AO---------àA, A, A, O

O--------------------------à OO------------------à O, O

Jadi kemungkinan golongan anaknya adalah AO-----------à jadi A

Atau OO-----------à jadi O

Gitu gimana udah dong to ?

Prajurit :

Sekarang kalau tranfusi yang dipilih yang mana

Penasehat : kalau tranfusi maka kalau golongan darah A yang untuk golongan darah A , B untuk B AB untuk AB . teorinya sih kalau yang O bisa di tranfusi ke siapa saja tapi ya mesti ditest dulu kalau menjendal ya jangan

Terus ada lagi golongan darah Rh (rhesus) yaitu positif atau Rh negative jadi misalnya pak Piijo golongan darahnya A rhesus + , ya kalau tranfusi cari golongan A yang positif kalau pak Badut golongannnya B rhesus – yang kalau tranfusi cari B –

Raja : nah sekarang sudah jelaskan tinggal silahkan dijawab sendiri sendiri pertanyaannya dan masukkan kedalam amplop diisi uang man won terus di lem yang rapet terus masukan ke kotak pesan di pojok sana .

Bagi yang benar silahkan mengambil hadiah di tempat pak prajurit yang dipojok itu

Ok , selamat mencoba ……………………………….

0 comments: